Manfaat dan Cara Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Keripik Sehat

Manfaat dan Cara Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Keripik Sehat manfaat.info. sahabat yang bermanfaat kali ini admin manfaat.info akan berbagi artikel lagi kali ini akan kita bahas manfaat dari Bonggol Pisang, apakah kalian mengenal Bonggol Pisang. sebgaian orang asing dengan kata bonggol tetapi untuk kata pisang pasti kalian semua mengenalnya. Pisang adalah buah yang akan vitamin dan nutrisi, buah ini juga sering kita jumpai karena pisang merupakan jenis buah tropis. bicara pisang tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat sebgai bahan makanan tetapi masinh ada bagian dari tumbuhan pisang yang memilki banyak manfaat. Nah untuk kali saya akan bagikan manfaat dari Bonggol tumbuhan Pisang. berikut ini artikel lengkapnnya
Manfaat atau Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Keripik Sehat

Manfaat Bonggol Pisang

Bonggol pisang biasanya dibuang atau hanya dijadikan sebagai pakan ternak. Tetapi tahukah Anda bahwa di dalam bonggol pisang terdapat kandungan nutrisi yang cukup lengkap bagi tumbuh kembang kita. Kandungan, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1 yang ada di dalamnya dibutuhkan oleh tubuh kita dan menyehatkan. Bonggol Pisang ini dapat dijadikan menjadi suah makanan ringan atau kudapan yang sangat lezat dan menyehatkan yaitu bonggol pisang kita jadikan menjadi keripik. Namun , Mengingat bonggol pisang memiliki kulit tebal dan getah yang terasa pahit. Kita harus mengolahnya dengan perlakuan yang baik dan benar, keripik bonggol pisang tak kalah gurih dan enaknya dengan keripik-keripik lainnya. lalu bagaimana cara untuk mengolah bonggol pisang menjadi keripik yang lezat. berikut ini cara mengolahnya :

Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Keripik

  1. Ambil bonggol pisang. Yang disebut bonggol pisang ini sebenarnya batang pohon pisang. Sedangkan yang biasa disebut batang pisang atau ‘gedebog’ adalah pelepah daun pisang. Alangkah baiknya kalau Anda memilih pisang dari jenis pisang kepok atau pisang raja.
  2. Bersihkan bonggol pisang dari kulit luarnya. Bagian kulit luar ini memang tebal sehingga mengupasnya juga harus tebal-tebal.  Ambil bagian yang berwarna putih.
  3. Potong-potong bonggol pisang sehingga membentuk balok.
  4. Iris tipis-tipis balok bonggol pisang tersebut.
  5. Lakukan perendaman irisan bonggol pisang tersebut dengan air biasa selama semalam. Tujuan perendaman ini supaya dihasilkan keripik yang renyah dan tidak terasa pahit. Getah yang terkandung di dalamnya akan terlarut pada air.
  6. Setelah perendaman selesai, siapkan adonan bumbu dari bahan-bahan tepung beras, telur, bawang putih dan garam. Dalam soal bumbu, bisa disesuaikan dengan selera Anda.
  7. Campur rata irisan bonggol pisang dengan adonan tepung dan bumbu. Aduk-aduk sampai rata.
  8. Lalu digoreng hingga terlihat coklat keputihan. Ini penggorengan pertama.
  9. Lakukan penggorengan sebanyak dua kali untuk menghasilkan keripik bonggol pisang yang renyah dan gurih.
  10. Tiriskan hasil penggorengan supaya minyak pada keripik berkurang.
  11. Keripik bonggol pisang siap dikonsumsi atau dikemas untuk dijual.

Cara mengolah keripik bonggol pisang tersebut sudah dipraktekkan oleh para ibu rumah tangga dan para pelau industri rumahan. Sebagai pemenuhan gizi rumah tangga, keripik bonggol pisang sangat baik diproduksi. Dapat juga dijadikan sebagai bentuk usaha sampingan atau usaha rumah tangga, bisnis keripik bonggol pisang merupakan pilihan yang tepat. Bahan baku relatif mudah diperoleh di lingkungan sekitar. untuk menghindari bonggol pisang yang dibuang secara percuma, alangkah baiknya dimanfaatkan untuk memperoleh nilai tambah dan dapat menghasilkan uang serta lahan pencaharian.

Tidak ada komentar untuk "Manfaat dan Cara Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Keripik Sehat "