Manfaat dan Cara Menciptakan Hidup Rukun

Manfaat dan Cara Menciptakan Hidup Rukun ~ manfaat.info. Sahabat yang bermanfaat kali ini admin akan berbagi tentang manfaat hidup rukun dan bagaimana cara menciptakan hidup rukun. artikel ini akan membahas tentang manfaat hidup rukun di dalam keluarga, sekolah dan juga masyarakat, begitu juga cara menciptakan hidup rukun di keluarga, sekolah dan masyrakat. berikut ini secara lengkap pembahasan tentang manfaat dan cara menciptakan hidup rukun.

Manfaat Hidup Rukun di Keluarga

1. Menghasilkan Komunikasi Yang baik

Komunikasi yang baik akan mengurangi atau menghindari terjadinya perselisihan atau kesalah pahaman antar anggota keluaga, masalah-masalah yang dihadapi oleh salah seorang anggota keluarga dapat dibicarakan dengan seluruh anggota keluarga untuk mendapatkan solusinya. Sebaliknya kerukunan dalam suatu keluarga dapat semakin membangun komunikasi yang baik di antara seluruh anggota keluarga.

2. Menciptakan Kehidupan yang Lebih Harmonis

Kerukunan akan membuat kehidupan keluarga menjadi lebih harmonis. Hubungan keluarga yang baik akan menumbuhkan kedamaian dan kebahagiaan dalam keluarga, dan apabila menghadapi masalah seluruh anggota keluarga dapat saling membantu dan bahu membahu untuk menyelesaikannya. 

3. Menciptakan rasa Aman Dan Damai 

Kerukunan juga dapat menciptakan kedamaian dan ketenteraman.dalam keluarga. Di dalam keluarga yang rukun tidak ada perselisihan dan pertengkaran sehingga menumbuhkan kedamaian dan kebahagiaan bagi seluruh anggota keluarga.

4. Mempererat Tali Persatuan

Kerukunan juga akan memperkokoh ikatan persatuan dan kesatuan diantara anggota keluarga.

5. Menghindari Perselisihan atau Perpecahan

Kehidupan yang rukun dalam keluarga akan menghindari perselisihan dan perpecahan

Bagaimana Cara menciptakan Hidup Rukun di Keluarga!

1. Menghargai Pendapat

Menghargai pendapat dari setiap anggota keluarga merupakan salah satu perilaku untuk menciptakan kerukunan di rumah. Di dalam keluarga seringkali terjadi diskusi untuk menentukan pilihan atau untuk mengambil keputusan. Setiap anggota keluarga memiliki pendapat yang berbeda satu sama lainnya, tetapi setiap anggota keluarga mau mendengarkan dan menghargai pendapat anggota keluarga yang lain, dan bersama-sama membuat keputusan terbaik. Perilaku seperti ini merupakan perilaku yang menciptakan kerukunan di dalam keluarga.

2. Menghormati Anggota Keluarga yang Lebih Tua

Sebagai anak atau orang yang lebih muda sudah menjadi kewajiban untuk menghormati ayah dan ibu atau anggota keluarga yang lebih tua di rumah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menaati aturan-aturan di rumah, tidak membantah, dan lainnya. Dengan menghormati ayah, ibu atau orang yang lebih tua kerukunan di rumah atau di keluarga akan tetap terpelihara.

3. Makan Bersama Keluarga

Makan bersama merupakan salah satu cara untuk membina kerukunan dalam keluarga. Jika hal ini secara rutin dilakukan akan tercipta kerukunan diantara anggota keluarga dengan anggota keluarga lainnya.

4. Membantu Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Setiap anggota keluarga memiliki kewajiban untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah, seperti: menyapu, mengepel, membersihkan taman, menyuci piring dan lainnya. Akan lebih baik lagi apabila dilakukan pembagian pekerjaan. Dengan demikian pekerjaan rumah yang begitu banyak dapat diselesaikan dengan baik dan tidak melelahkan karena dikerjakan bersama-sama.

5. Belajar Bersama Keluarga

Kerukunan di dalam lingkungan rumah atau di keluarga dapat diciptakan dengan cara belajar bersama keluarga di rumah. Seorang adik dapat meminta bantuan kakaknya atau orang tuanya untuk mengerjakan PR atau mengajari materi sekolah yang tidak dimengerti. Kakak dengan senang hati dan dengan penuh kesadaran membantu adiknya.

Manfaat Hidup Rukun di Sekolah

1. Menghindari Perselisihan

Kerukunan di satuan pendidikan dapat meningkatkan komunikasi yang baik di antara warga belajar. Dengan komunikasi yang baik perbedaan pendapat dapat disatukan, kesalah pahaman dapat dihindari dan perselisihan di antara warga belajar dapat dicegah.

2. Menciptakan suasana yang nyaman

Hidup rukun di satuan pendidikan akan memberikan rasa nyaman bagi semua warga di satuan pendidikan. Rasa nyaman ini akan membuat suasana belajar yang menyenangkan.

3. Keadaan Lebih Aman Dan Tentram

Hidup rukun di satuan pendidikan akan memberikan rasa aman dan tentram bagi semua warga di satuan pendidikan. Tidak ada perselisihan, percekcokan ataupun pertengkaran yang dapat mengganggu atau mengusik ketenangan suasana belajar. Hubungan baik yang selalu terjaga di antara warga satuan pendidikan memberikan dampak yang sangat positif di dalam kehidupan bermasyarakat.

4. Mempererat Tali Persahabatan

Hidup rukun juga membantu memperkokoh hubungan atau ikatan persahabatan diantara semua warga satuan pendidkan. Ikatan persahabatan ini akan semakin menumbuhkan keinginan untuk saling membantu satu sama lain.

5. Memiliki Lebih Banyak Teman

Hidup rukun juga membuat kita memiliki banyak teman. Hidup rukun menciptakan suasana keakraban dengan siapapun, sehingga kita akan mudah memiliki teman. Hidup rukun mencerminkan adanya saling pengertian yang dapat menciptakan perdamaian, persaudaraan dan persahabatan.

Bagaimana Cara Menciptakan Hidup Rukun di Sekolah!

1. Saling membantu

Saling membantu diantara warga di sekolah merupakan salah satu wujud kerukunan yang dapat diterapkan di satuan pendidikan. Ada kalanya teman-teman di satuan pendidikan tidak memahami atau belum mengerti materi pelajaran yang terdapat dalam modul atau yang disampaikan oleh tutor. Membantu memberikan penjelasan kepada teman yang kesulitan memahami materi merupakan salah satu contoh kerukunan yang dapat diterapkan di satuan pendidikan atau sekolah. Saling membantu juga dapat diwujudkan ketika ada teman yang lupa membawa alat tulis seperti: pensil, penghapus, penggaris, dan lainnya, jika kita memiliki alat tulis lebih, kita dapat meminjamkannya kepada teman yang tidak membawa.

2. Menghindari pertengkaran

Perbedaan pendapat atau pandangan merupakan hal yang tidak dapat dihindari dan seringkali terjadi dalam pergaulan di masyarakat. Akan tetapi perlu dijaga agar perbedaan pendapat tersebut tidak menimbulkan pertentangan, pertengkaran, atau perselisihan yang berkepanjangan. Harus ada sikap saling menghargai dan mau menerima perbedaan serta mengambil jalan atau keputusan yang terbaik sebagai sebuah kesepakatan bersama. Jika terjadi pertengkaran antar teman sedapat mungkin segera dilerai..

3. Saling memberikan perhatian

Tindakan ini merupakan cerminan hidup rukun, rasa empati, perhatian, dan solidaritas antar teman di satuan pendidikan. Misalnya: dengan menjenguk teman yang sakit, mengibur teman yang sedang berduka, memberi bantuan kepada teman yang dilanda musibah, ikut berduka cita jika ada teman yang kehilangan keluarganya karena kematian.

4. Menghormati Perbedaan

Sanggar-sanggar belajar atau PKBM terdiri dari warga yang berbeda-beda karakter, latar belakang sosial ekonomi, suku bangsa ataupun agama. Saling menghormati diantara warga belajar, hormat dan patuh kepada tutor merupakan salah satu bentuk kerukunan di satuan pendidikan. Semua warga belajar menghargai perbedaan pendapat dan pandangan dan selalu dapat bekerjasama.

5. Belajar bersama

Belajar bersama merupakan salah satu bentuk kerukunan di satuan pendidikan. Warga belajar dapat membentuk kelompok untuk belajar bersama dan mengerjakan tugas bersama. Di dalam kelompok, warga belajar dapat saling membantu satu sama lain sehingga kompetensi yang dipelajari dapat tercapai

Manfaat Hidup Rukun di Masyarakat

Menciptakan suasana yang aman, damai, dan tenteram.
Menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.
Menjalin rasa kemanusian dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.
Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme.
Memperkuat jati diri Negara Kesatuan republik Indonesia
Memperkuat ketahanan nasional dalam menghadapi segala ancaman dan gangguan dalam kehidupan bernegara

Bagaimana cara Menciptakan Hidup Rukun di Masyarakat!

Mengamalkan butir butir Pancasila
Cinta tanah air
Rela berkorban untuk bangsa dan negara
Mendahulukan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi.
Mementingkan pemenuhan kewajiban dibandingkan pemenuhan hak.
Selalu berlaku dan berkata sopan, baik kepada sesama yang usianya sama, lebih muda, maupun lebih tua

Tidak ada komentar untuk "Manfaat dan Cara Menciptakan Hidup Rukun"