Manfaat Adanya Keberagaman Budaya terhadap Bidang Pariwisata dan Pendapatan Negara

Manfaat Adanya Keberagaman Budaya terhadap Bidang pariwisata dan Pendapatan Negara ~ manfaat.info . Sahabat yang bermanfaat kali ini admin akan berbagi artikel lagi nih mengenai manfaat dari Keberagaan Budaya. Apa saja sih keragaman budaya itu dan apa sih manfaat dari bidang pariwisata dan Pendapatan Negara. berikut ini secara lengkap artikel manfaat adanya keberagaman budaya terhadap bidang pariwisata.

Manfaat Adanya Keberagaman Budaya terhadap Bidang Pariwisata dan Pendapatan Negara

Indonesia memiliki 1.340 suku bangsa berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik pada 2010. Suku Jawa yang tersebar pada hampir setiap wilayah Indonesia, populasinya mencapai 95,2 juta jiwa atau sekitar 40,0 persen dari populasi penduduk Indonesia. Suku-suku seperti suku Bantik, Wamesa, Una, Lepo Tau dan halmahera jumlah populasinya masing-masing kurang dari 10 ribu jiwa. Keberagaman suku bangsa tersebut mengakibatkan keberagaman hasil budaya seperti jenis tarian, alat musik, dan adat istiadat. Bahkan dalam satu suku namun berbeda wilayah kabupaten pun akan ditemukan beragam budaya dan kesenian yang tak sama. Keberagaman budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia menjadi identitas bangsa. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang unik karena bisa hidup rukun dalam satu negara yang terdiri dari berbagai budaya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita lihat karena keberagaman budaya misalnya, dengan adanya keberagaman budaya bangsa kita menjadi banyak di datangi oleh turis asing, tentu saja kedatangan turis asing tersebut dapat mendatangkan devisa bagi negara sehingga menambah kekayaan untuk negara kita tercinta ini. Banyak manfaat yang didapat dari sini, tidak hanya contoh tersebut saja, masih banyak manfaat yang lain, berikut ini Manfaat Keberagaman Budaya yaitu sebagai berikut.

Manfaat Keberagaman Budaya Terhadap Bidang Pariwisata

1. Menarik Wisatawan Lokal maupun Internasional

Keragaman kebudayaan Indonesia dalam bidang pariwisata sangat bermanfat antara lain menarik banyak wisatawan. Karena masing-masing wilayah memiliki budaya yang unik dan menarik. Apalagi jika keunikan budaya tersebut berpadu dengan panorama alam yang indah.

Dengan melestarikan keberagaman budaya yang ada, dapat menjadi magnet dalam bidang pariwisata. Peninggalan masa lalu mulai dari bangunan, tarian, bahasa, dan artefak budaya lainnya bisa disulapmenjadi objek wisata yang bisa mendatangkan wisatawan yang tidak hanya domestik, tetapi juga wisatawan asing. Pemanfaatan di bidang pariwisata ini secara tidak langsung dapat meningkatkan devisa negara.

Seperti di beberapa kawasan wisata di Bali, Candi Borobudur dan Prambanan di Jawa Tengah, Yogyakarta, Lombok, Bunaken di Sulawesi Utara, Minangkabau didukung dengan warisan budaya. Misalnya saja, Sendratari Ramayana yang menceritakan tentang Rama dan dipentaskan di kompleks Candi Prambanan.

Bahkan keberagaman kebudayaan di Indonesia dalam bidang pariwisata membuahkan penghargaan yakni kebudayaan Indonesia diakui UNESCO. Kebudayaan itu antara lain wayang, keris, batik, dan angklung. Para turis wisatawan dan domestik berlomba-lomba datang untuk berwisata dan mempelajari kebudayaan Indonesia.

Manfaat Keberagaman Budaya terhadap Pendapatan Negara

2. Keberagaman budaya dapat menghasilkan devisa atau pendapatan negara

keberagaman budaya di Indonesia dalam bidang pariwisata antara lain menambah devisa negara. Hal ini adalah efek dari manfaat keberagaman budaya dalam budaya pariwisata yang mendatangkan wisatawan asing dan domestik. Jika dikelola dengan baik oleh negara, objek pariwisata tersebut keuntungannya akan masuk ke kas negara. Oleh karena itu, pendapatan negara di dalam APBN akan bertambah dan bisa digunakan untuk pembangunan nasional.

Berdasarkan data dari Kemenparekraf, devisa dari sektor pariwisata mencapai Rp 280 triliun pada tahun 2019. Sedangkan devisa tahun 2018 yaitu Rp 270 triliun. Namun pada tahun 2020, devisa dari sektor pariwisata diproyeksi hanya Rp 140 triliun karena pandemi COVID-19. Kemenparekraf saat ini fokus pada pasar domestik dalam periode Juni-Desember 2020. Sementara untuk mancanegara akan dimulai pada 2021 dengan lebih dulu mengutamakan wisatawan asal Singapura, Malaysia, China dan Australia. Tahap kedua, Indonesia menargetkan kunjungan wisatawan dari Amerika Serikat, India, Jepang, Korea, Eropa, dan Timur Tengah

Manfaat Keberagaman Budaya  Lainnya

3. Dapat Menumbuhkan Sikap Nasionalisme

Perbedaan budaya yang ada akan menciptakan rasa cinta tanah air, karena keaneragaman budaya adalah suatu kekayaan yang dimiliki suatu bangsa. Tidak hanya hasil tambang komoditas ekspor yang memengaruhi pendapatan negara, tetapi faktor budaya juga yang menjadi daya tark para wisatawan yang bisa mengubah devisa negara dan ini kekayaan yang bisa dimiliki suatu bangsa. Budaya mengajarkan kita akan nilai-nilai leluhur yang memiliki keunikan dan kegunaannya masing-masing. Ketika kita memandang bahwa keanekaragaman budaya adalah suatu kekayaan, dengan sendirinya kita akan berusaha menjaga kekayaan kita tersebut sehingga rasa nasionalisme, sikap memiliki, dan menghargai kekayaan bangsa akan timbul di dalam diri.

4. Sebagai Identitas Bangsa di Mata Internasional

Dengan kemajemukan budaya yang ada bisa menjadi identitas diri suatu bangsa. Kita tahu bahwa bangsa Australia adalah bangsa Aborigin. Hal itu adalah salah satu identitas negara Australia di mata dunia. Kita tahu bahwa alat musik gitar akustik adalah ciri musik Latin dari Amerika Selatan, itu pun bisa menjadi ciri khas Amerika Selatan. Oleh sebab itu, manfaat keberagaman budaya Indonesia ini membuat indonesia memiliki banyak sekali artefak budaya yang bisa mengenalkan negara kita kepada dunia internasional. Dengan keanekaragaman budaya pula tentunya melahirkan identitas bangsa indonesia di mata dunia, misalnya kain batik.

5. Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Dengan mempunnyai berbagai bahasa daerah, tidak menyeabkan bangsa indonesia terpecah belah, tetapi justru menambah kekkayaan perbendaharaan bahasa. Keunikan tersebut merupakan kekayaan yang tidak ada di negara lain. Binneka Tunggal Ika adalah simbol kerukunan yang ada di Indonesia dan sangat menarik di mata dunia.

6. Dapat Memupuk Rasa dan SikapToleransi

Masih banyak lagi manfaat yang dapat kita rasakan dari keberagaman budaya di Indonesia. Dengan adanya multikulturalisme (ragam budaya), diharapkan mempertebal sikap toleransi dan rasa tolong menolong serta nasionalisme kita.

7. Sumber Ilmu Pengetahuan bagi Seluruh warga Dunia

Budaya adalah nilai-nilai yang dimiliki suatu masyarakat dan dilambangkan dalam suatu bentuk artefak budaya yang bisa dinikmati oleh masyarakat dan generasi penerusnya. Dengan artefak, budaya kita akan mengenal nilai-nilai masyarakat di massa lalu. Hal ini sangat penting untuk dijadikan sumber pengetahuan. Bagi sejarawan dan budayawan, artefak budaya sangat penting dan harus dilestarikan, karena suatu artefak budaya dari masa lalu bisa menjadi sumber informasi yang berharga.

Tidak ada komentar untuk "Manfaat Adanya Keberagaman Budaya terhadap Bidang Pariwisata dan Pendapatan Negara"