Khasiat Putih Telur Untuk Wajah

Khasiat Putih Telur Untuk Wajah ~ manfaat.info. Sahabat manfaat yang budiman, kali ini admin akan berbagi info manfaat dari Putih Telur terutama putih telur  untuk wajah atau kulit kita, silahkan kalian simak apa manfaat putih telur itu, bagaimana cara membuat masker dari putih telur dan disertai apa efek samping atau indikasi apabila menggunakan masker kulit putih.

Khasiat putih telur untuk wajah
Khasiat putih telur untuk wajah

Khasiat Putih Telur Untuk Wajah

Memang tak bisa kita pungkiri wajah merupakan bagian tubuh yang paling penting untuk dapat menunjang kepercayaan diri kita, jika wajah anda kusam dan kering, apalagi banyak jerawat tentunya ini dapat menurunkan kepercayaan diri kita atau kurang pede.

Biasanya seseorang tidak berfikir panjang untuk mengeluarkan budget yang lebih atau banyak dan mahal hanya untuk membuat kulit wajahnya berseri, dan bebas dari hal yang mampu menurunkan rasa percaya dirinya.

Namun taukah Anda, sebenarnya banyak cara alami untuk membuat wajah Anda terlihat indah berseri dan terbebas dari rasa kurang percaya diri, dan salah satunya adalah menggunakan putih telur ayam kampung.

Sebenarnya apa sih manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kecantikan sel kulit wajah dengan melakukan perawatan alami masker putih telur itu.pada faktanya memang didalam sebutir telur  ternyata terdapat suatu zat atau senyawa aktif semisal vitamin A. Dengan adanya kandungan vitamin A di dalam putih telur, maka hal ini akan membantu untuk mengurangi keriput dan juga meningkatkan penyembuhan luka. Selain itu, putih telur pun juga memiliki kandungan yakni protein yang bisa membantu untuk menutrisi kulit wajah anda.

Tak hanya protein, putih telur pun juga sering kali disebut memilki banyak vitamin dan juga mineral. Dalam putih telur terkandung nutrisi seperti Kalori, Protein, Vitamin B2, Vitamin B5, Selenium dan Kalium. Untuk itu, anda pun bisa menggunakan masker putih telur ini sebagai alternatif  untuk merawat kecantikan wajah secara alami.

Putih telur diyakini dapat mengembalikan bagian pori-pori yang sudah membuka hinggapori-pori akan kembali merapat lagi dan akhirnya kulit wajah terasa lebih kencang pastinya.

Manfaat Putih Telur untuk Perawatan Wajah :

- mampu mengecilkan kantung mata
- mampu menghilangkan bintik hitam pada awajah
- menyamarkan garis halus atau keriput pada wajah
- memberikan perlindungan wajah supaya jerawat tidak mudah timbul.
- Mengatasi dan merawat area hidung (khususnya dapat mencegah timbulnya komedo membandel)
- Mengembalikan sel pori-pori yang sudah membuka sehingga pori-pori akan tertutup kembali.
- Mengatasi masalah wajah yang berminyak beserta kotoran yang dihasilkannya.

Manfaat putih telur  ini tidak hanya untuk perawatan wajah, namun dapat menjadi salah satu alternatif alami untuk mengatasi rambut yang sudah mulai nampak putih (beruban). Jika anda salah satu orang yang memiliki masalah pada rambut, khususnya rambutnya beruban, tak ada salahnya memanfaatkan putih telur untuk mengatasinya.

Cara menggunakan Putih telur untuk wajah

Bahan - bahan yang harus anda siapkan :
- Putih telur yang diambil dari satu butir telur ayam ( kampung)
- Madu murni yang belum tercampur bahan kimia sekitar 1 sendok.

- Langkah pertama buka telur ayam
- Ambil putih telur dan pisahkan dengan kuning telurnya
- Kocok putih telur yang sudah kita siapkan tadi di piring atau wadah sampai putih telur mengeluarkan busa-busanya.
- Masukan satu sendok madu yang sudah disiapkan kedalam kocokan putih telur, campur kedua bahan hingga merata.

Aturan Pakai masker Putih Telur Untuk wajah

- Campuran antara putih telur dan madu inilah yang bisa anda bubuhkan tipis dan merata di area wajah.
- Jangan dibasuh dulu setelah selesai mengoleskan (diamkan sekitar 30 menitan atau masker mengering)
- Cuci wajah dengan bantuan air bersih dan tepuk-tepuk muka dengan kain halus/ handuk halus.
- Supaya cara alami ini dapat memberikan effect positif yang maksimal, anda dapat menggunakan cara ini minimal 1-2 kali dalam seminggu (pengguanaannya sebelum tidur).

Efek samping Masker Putih telur dan Madu

Perlu diketahui bahwa keamanan dan efektivitas masker putih telur untuk wajah sejatinya belum terbukti secara ilmiah. Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak mempunyai kondisi kulit berarti, boleh-boleh saja untuk menggunakan masker wajah alami ini.  Namun, bagi Anda dengan jenis wajah atau kondisi kulit tertentu, sebaiknya perlu berhati-hati.  Sebab, efek samping masker putih telur untuk wajah bisa saja terjadi. berikut ini beberapa efek samping dari pemakaian masker putih telur :

1. Risiko alergi
Salah satu efek samping masker putih telur untuk wajah adalah risiko alergi. Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah berarti pada wajah, menggunakan masker putih telur untuk wajah mungkin cenderung aman. Akan tetapi, berbeda bagi orang-orang dengan jenis kulit wajah atau masalah kulit tertentu.Apalagi bagi orang yang mempunyai alergi telur, reaksi alergi sebagai efek samping masker putih telur untuk wajah mungkin saja terjadi. Jadi, jika Anda mempunyai alergi terhadap telur, ini berarti bukan hanya Anda tidak boleh makan telur. Lebih lanjut, Anda juga tidak disarankan untuk mengoleskan putih telur sebagai masker wajah. Tergantung pada tingkat keparahan alergi, Anda bisa saja mengalami gejala, seperti kulit gatal, muncul ruam, biduran, hingga sulit bernapas sesaat setelah mengoleskan putih telur untuk wajah. Maka dari itu, penting untuk mengecek apakah kulit Anda cocok menggunakan masker putih telur atau tidak sebelum mengoleskannya ke seluruh permukaan wajah.

2. Gejala intoleransi telur
Efek samping masker putih telur untuk wajah berikutnya adalah intoleransi telur.
Berbeda dengan reaksi alergi, intoleransi telur dapat menyebabkan peradangan dan rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan saat Anda mengonsumsinya. Meski menggunakan masker putih telur untuk wajah, Anda berisiko merasakan putih telur dalam jumlah kecil akibat tetesannya yang melewati mulut. Hal tersebut yang dapat menyebabkan gejala intoleransi telur jadi kambuh. 

3. Iritasi kulit
Iritasi kulit juga menjadi efek samping masker putih telur untuk wajah.
Anda dapat mengalami iritasi kulit akibat menggunakan masker putih telur atau masker wajah dari bahan alami lainnya.  Bahkan, tanpa adanya kondisi alergi atau gejala intoleransi sebelumnya. Jika Anda mengalami kulit gatal, kemerahan, atau muncul benjolan ringan setelah mengoleskan masker putih telur untuk wajah, sebaiknya segera bilas wajah sampai bersih dan hentikan penggunaannya. Pasalnya, bisa jadi tanda-tanda tersebut menunjukkan bahwa Anda mengalami iritasi kulit sebagai efek samping memakai masker putih telur setiap hari. 

4. Infeksi Salmonella
Telur mentah berpotensi menyimpan bakteri Salmonella di dalamnya yang dapat menyebabkan infeksi pencernaan. Inilah yang menjadi efek samping masker putih telur untuk wajah yang tak kalah pentingnya. Oleh sebab itu, mengonsumsi telur sebaiknya dilakukan dengan memasaknya dalam waktu lama, yakni pada suhu yang tinggi untuk menghilangkan bakteri Salmonella. Meski jarang terjadi, apabila Anda tidak hati-hati dalam menggunakan masker putih telur untuk wajah, dikhawatirkan tetesan telur mentah tersebut bisa tidak sengaja tertelan ke melalui mulut Anda bersamaan dengan kemungkinan bakteri yang ada di dalamnya. Jika kondisi tersebut terjadi, gejala yang mungkin dialami, antara lain demam yang disertai keluhan saluran cerna yang parah, seperti perut kram, muntah, dan diare, hingga 10 hari lamanya.

5. Infeksi kulit lainnya
Efek samping masker putih telur untuk wajah selanjutnya adalah infeksi kulit. 
Efek samping memakai masker putih telur setiap hari mungkin saja terjadi apabila Anda mengoles putih telur pada kulit yang terdapat luka atau goresan.
Mengoleskan masker putih telur ke area kulit yang terdapat luka terbuka dapat memperburuk kondisi kulit. Sebab, ada kemungkinan bakteri Salmonella yang terdapat dalam putih telur mentah akan masuk ke dalam luka. Akibatnya, Anda bisa mengalami infeksi sehingga proses pemulihan luka pun menjadi semakin lama.

6. Menimbulkan reaksi alergi pada orang lain
Jika pasangan atau anggota keluarga yang tinggal dengan Anda memiliki alergi telur, maka Anda dapat meningkatkan risiko kekambuhan alerginya.
Oleh sebab itu, apabila Anda ingin menggunakan masker putih telur untuk wajah sebagai ritual kecantikan, pastikan untuk mengenakan sarung tangan dan lakukan perawatan kecantikan ini hanya pada satu area di rumah. Dengan demikian, Anda tidak menyebarkan tetesan telur di seluruh penjuru rumah.

7. Meninggalkan bau amis
Menggunakan masker putih telur sebagai perawatan kecantikan alami, juga dapat mengontaminasi permukaan benda di rumah, seperti wastafel, meja dapur, meja rias, dan area lainnya.
Pasalnya,  saat Anda menggunakan putih telur sebagai masker wajah, tetesan putih telur dapat berisiko jatuh ke lantai rumah sehingga berisiko meninggalkan bau amis.

Cara Aman  Menggunakan Masker Wajah dari Putih Telur

Untuk mengetahui apakah Anda Alergi atau tidak dengan Putih telur sehingga aman dari efek samping seperti tersebut diatas sebaiknya Anda lakukan terlebih dahulu uji coba seperti ini :

- Oleskan sedikit masker putih telur terlebih dahulu ke beberapa bagian tubuh lain. Misalnya, punggung tangan, kulit di bawah dagu, atau area kulit di belakang telinga.
- Tunggu selama kurang lebih 15 menit.
- Bilas area kulit dengan air sampai benar-benar bersih.
- Kemudian, lihatlah reaksi kulit Anda.
- Jika kulit mengalami kemerahan, terasa perih dan gatal, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan masker putih telur untuk wajah. Sebaliknya, apabila tidak muncul reaksi alergi, maka Anda dapat menggunakan masker putih telur untuk wajah.

Demikianlah informasi mengenai Khasiat Putih Telur Untuk Wajah, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar untuk "Khasiat Putih Telur Untuk Wajah"