Khasiat atau Manfaat Daun Binahong

Khasiat atau Manfaat Daun Binahong ~ manfaat.info. Sahabat yang bermanfaat berjumpa kembali dengan adminmanfaat.info kali ini admin akan berbagi khasiat atau manfaat dari sebuah tanaman khusunya daun yaitu khasiat Daun Binahong, Artikel ini akan secara lengkap mengulik tentang Khasiat atau manfaat dari daun binahong dan juga apa indikasi atau efek samping dari penggunaan tanaman atau daun Binahong ini. secara lengkap bisa anda simak atau baca di artikel di bawah ini :
Khasiat atau Manfaat Daun Binahong

Apa itu Daun Binahong

Daun Binahong atau dalam bahasa jawanya adalah Gendola merupakan sebuah bagian dari Tanaman Binahong. Tanaman binahong adalah tanaman menjalar yang sering kita jumpai di sekitar kita. Tanaman ini biasanya di tanam di pekarangan atau halaman rumah, didalam pot dan juga terkadang tumbuh secara liar dikebun atau Hutan. Nama latin tanaman binahong adalah Anredera cordifolia (Ten.) Steenis. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman binahong memiki nama  Madeira vine dan mignonette vine. Menurut sejarah asal usul tanaman ini berasal dari daerah Amerika Selatan. Persebaran tanaman binahong dari Amerika selatan,, Amerika Serikat, Meksiko, India, Israel, China, Jepang, Indonesia, sebagian Afrika, Karibia, Australia dan Selandia Baru dan pulau-pulau sekitarnya. Hal ini telah menunjukkan tanaman binahong beradaptasi dengan Mediterania, iklim sub-tropis dan tropis, dan telah menjadi invasif khususnya di Oceania dan Afrika. Ciri-ciri fisik tanaman binahong memiliki Ciri Khusus yaitu tanaman menjalar yang daunnya berbentuk bulat hati berwarna hijau dengan buah kecil bulat berwarna hitam. Fungsi dan kegunaan tanaman binahong bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai tanaman lanskap dan tanaman hias. Namun yang ternyata tanaman binahong ini menurut kabar dan beberapa penelitian dapat digunakan sebagai obat herbal tanaman binahong untuk mengobati banyak penyakit dalam tubuh kita.

Klasifikasi dan bentuk morfologi Tanaman Binabong

Tanaman binahong merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman berbunga (Basellaceae). Tanaman ini hidup menjalar yang ukurannya dapat mencapai 5 m. Bentuk morfologi tanaman ini yaitu memiliki Batang ramping lunak berbentuk silindris berwarna kemerahan percabangan banyak. Daun tanaman binahong tunggal berwarna hijau, mengkilap, berdaging, bertangkai 1-2cm, susunan daunnya berseling, berbentuk seperti jantung dengan ukuran  panjang 2-13 cm dan lebar 1-11 cm. Bunga tanaman binahong majemuk rimpang, bertangkai panjang, perbungaan keluar dari ketiak daun dengan warna mahkota bunga berwarna krem keputihan berjumlah 2-4 helai. Bunga tanaman binahong memiliki bau yang harum. Buah tanaman binahong berbentuk bulat lonjong berukuran kecil ketika masih muda berwarna hijau sedangkan ketika sudah tua akan berwarna hitam. Biji tanaman binahong pipih kecil didalam buahnya terdapat 1-2 biji berwarna kecoklatan. Budidaya tanaman binahong ini perkembangbiakannya menggunakan biji dan akar. Habitat tanaman binahong ini membutuhkan tanah yang kaya akan humus keringkan dan pada posisi di bawah sinar matahari penuh atau sinar tak langsung, dengan  suhu rata-rata berkisar 20-30 ° c di musim panas dan 10-30 ° c di musim dingin. Rata-rata curah hujan tahunan bervariasi dari 500 - 2,000 mm dengan ketinggian elevansi tumbuh pada dataran rendah hingga 500 m dari permukaan air laut.

Klasifikasi Tanamman ini sebgai berikut :

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Hamamelidae
Ordo: Caryophyllales
Famili: Basellaceae
Genus: Anredera
Spesies: Anredera cordifolia (Ten.) Steenis

bagian tumbuhan yang bermanfaat sebagai obat adalah daun. daun tanaman binahong mengandung senyawa flavonoid, asam oleanok, protein, asam askorbat, dan saponin.

Khasiat dan Manfaat Daun Binahong

1. Dapat Memulihkan stamina

Air rebusan daun binahong dapat mengembalikan stamina tubuh yang kelelahan. Caranya yaitu merebus 3 daun binahong dengan 6 gelas air hingga mendidih dan mengonsumsinya secara berkala. Air rebusan daun binahong juga dapat meningkatkan vitalitas pria jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat. 

2. Mampu Mengatasi anemia

Anemia bisa terjadi ketika tekanan darah seseorang berada di bawah normal. Kondisi ini memerlukan  zat besi untuk mengimbanginya. Daun binahong mengandung zat besi yang dibutuhkan sel darah merah sehingga tidak lagi merasakan anemia.

3. Dapat untuk Mengobati maag

Konsumsi Daun Binahong  menurut beragam sumber bisa membantu melancarkan pencernaan, sehingga mencegah sembelit, selain itu dapat mengobati penyakit maag akut . Caranya yaitu dengan mengonsumsi daun binahong sebagai lalapan atau menumis, sehingga asam lambung  tetap terkendali dan penyakit maag tidak kambuh.

4. Mencegah Penyakit diabetes

Diabetes dapat dikendalikan dengan mengatur pola makan yang baik,selain itu dapat pula memanfaatkan  daun binahong untuk menjaga keseimbangan gula darah.. Caranya  yaitu dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

5. Mampu Mencegah Penyakit kanker

Kanker menjadi mimpi buruk banyak orang. Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan sel yang tidak normal dalam tubuh. Tapi kabar baiknya, manfaat daun binahong selanjutnya dapat mencegah terjadinya kanker.Kandungan antioksidan dalam daun binahong terbukti efektif mencegah kanker. Caranya yaitu merebus daun binahong dan meminum airnya 3 kali sehari.

6. Mengobati luka terbakar

Ekstrak daun binahong mampu mengobati luka bakar  dengan cepat. Kunci dari proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. Ketika ekstrak daun binahong digunakan, terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik jika dibandingkan dengan tidak menggunakan daun binahong. Cara yang sederhana yaitu menumbuk daun Binahong dan menempelkan pada kulit yang terbakar.

7. Mampu Mencegah penyakit jantung

Kandungan saponin dalam daun binahong dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Caranya cukup dengan menyeduh daun binahong seperti membuat teh. Tambahkan gula atau madu sehingga rasanya jadi lebih manis. Diminum dua kali sehari.

8. Mengobati Penyakit  Asam urat

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah mengobati asam urat . Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh. Purin adalah senyawa organik dalam DNA tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat. Setelah memakan hidangan seperti jeroan, daging merah, hingga kacang-kacangan dengan porsi berlebihan, sebaiknya mengimbangi dengan minum air rebusan daun binahong.

Indikasi atau Efek samping Daun Binahong

Beberapa efek samping daun binahong di antaranya:
  • Sebaiknya tidak dikonsumsi bersama zat stimulan lain seperti teh dan kopi. Kandungan efedrin dalam daun binahong jika dikonsumsi bersamaan teh dan kopi dapat memicu  jantung berdebar.
  • Jika dikonsumsi berlebihan menimbulkan rasa pusing, gelisah, mual, muntah, insomnia
  • Tidak disarankan untuk Ibu hamil dan menyusui mengkonsumsi obat herbal tanaman binahong.

Demikianlah artikel tentang Khasiat atau Manfaat Daun Binahong, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar untuk "Khasiat atau Manfaat Daun Binahong"